Blog design and digital scrapbooking elements created by Adori Graphics »

20 May 2014

Makanan Khas Korea

Ketika berkunjung ke Chuncheon, Provinsi Gangwon, ngga lengkap dong kalo ngga nyobain makanan khas-nya. Selama ini yang terkenal dari Korea cuma kimbap, bibimbap dan kimchi. Padahal tiap wilayah di Korea punya makanan khas masing-masing. Karena saya adalah gadis Chuncheon, maka makanan yang saya review ngga akan jauh-jauh dari sini.

Dakgalbi
Berasal dari kata Dalk (ayam), makanan khas Chuncheon yang satu ini berupa ayam fillet yang dibumbuin terus di bakar. Ada versi di restoran lainnya, ayam ini bukan di bakar tapi di goreng pake fry pan. Tapi kalo saya lebih rekomen yang dibakar. Rasanya lebih nampol dan cucok banget sama lidah Indonesia. Seperti makanan Korea pada layaknya, side dish-nya juga bermacam-macam. Mulai dari kimchi, radish, bawang, dan beberapa macam sayuran.


yang pake frypan



Makanan ini paling banyak di temui di sekitar Stasiun Namchuncheon. Tinggal jalan ke sekitaran stasiun kalian sudah akan bisa menemukan banyak restoran dakgalbi. Tinggal pilih!
Selain itu juga bisa ditemukan di Myeongdong Chuncheon. Bahkan disini ada yang namanya 'Dakgalbi Street'. Dimana sepanjang jalan kanan-kirinya penuh restoran dakgalbi. Dengan harga yang sama namun rasa yang berbeda tergantung pemiliknya. Lagi-lagi tinggal pilih mau yang mana!
Kalau di sekitan gerbang belakang Kangwon National University, ada yang namanya Campus Dakgalbi. Cukup terkenal dan cenderung lebih murah dari tempat lainnya. Tapi yang favorit saya adalah warung dakgalbi di belakang stasiun namchuncheon. Saya lupa apa namanya :') tapi si doi satu-satunya restoran disana yang pakenya bakaran, bukan fry pan. Boleh deh ditelusuri dari warung per warung kalo pengen nyobain tempat favorit saya ini.



 
Dakgalbi yang dibakar



ini ketika saya makan Dakgalbi bersama perkumpulan mahasiswa Indonesia di Chuncheon


Maguksu
Ini adalah salah satu jenis mie dingin favorit orang Korea. Saya pribadi sebenernya belum pernah makan maguksu, hehehe. Tapi konon katanya makanan ini bersejarah banget sampe di Chuncheon diadakan 'Dakgalbi and Maguksu Festival' tiap tahunnya.
Ini nih penampakan Maguksu..




Samgyetang
Ini salah satu yang paling terkenal di Korea. Harganya relatif mahal karena pakai ginseng. Bahan utamanya ayam muda utuh direbus sampai sangat lunak. Terus dibumbuin pake ginseng, jadi pasti menyehatkan. Satu ayam utuh ini adalah porsi satu orang. Jadi siapkan siapkan lambung yang luas sebelum pergi ke restoran Samgyetang. Biar ngga sayang uda mahal-mahal ternyata ngga habis. hehehe
Favorit saya adalah samgyetang di dekat Gimyujong. Berjarak satu stasiun dari Namchuncheon. Lokasinya berada di dekat Museum Gimyujong dan Rail Park. Cucok banget kalo abis jalan-jalan trus makan Samgyetang buat nge-charge tenaga.


Foto samgyetang yang berhasil saya habiskan sendiri semangkok


Itu tadi makanan-makanan khas Gangwon-do. Ngga tiap hari saya makan dakgalbi atau samgyetang, harganya yang relatif mahal bikin saya cepet kere. dakgalbi sekitat 10.000 won dan samgyetang antara 12.000-15.000 won. Biasanya untuk makan sehari-hari saya cuma jalan kaki ke gerbang belakang kampus. Ada restoran favorit saya banget. Hampir tiap hari saya kesana buat nyobain makanan yang berbeda-beda, namanya Kimbab Cheonguk 김밥천국. Sebenarnya ini adalah restorang franchise yang cabangnya ada dimana-mana. Jadi kalo saya lagi jalan-jalan ke kota lain dan bingung mau makan dimana, saya selalu nyari Kimbab Cheonguk karena uda pasti enak masakannya.

ini nih penampakan restorannya. ati-ati ada restoran lain yang logo dan namanya mirip tapi beda, dan rasa makanannya juga ngga terlalu oke.


Ini beberapa foto makanan yang saya ambil sendiri di Kimbab Cheonguk...

Bibimbab

bulgogi

tonkatsu kimbab

sogogi dobbab

donkaseu

sundubu & bibimbab

Makanan di Korea itu ENAK-ENAK! Jadi jangan sampe ngga wisata kuliner kalo uda nyampe sini.

Selamat mencoba :D